skip to Main Content
Ajak Wanita Lakukan Iva Test, TP PKK Kota Padang Panjang: Mari Bebas Dari Kanker Serviks

Ajak Wanita Lakukan Iva Test, TP PKK Kota Padang Panjang: Mari Bebas Dari Kanker Serviks

PADANG PANJANG – Bebaskan wanita dari penyakit kanker serviks, TP PKK bersama Dinas Kesehatan dan Camat Padang Panjang Timur menggelar Sosialisasi Iva Test di Aula Kelurahan Camat Padang Panjang Timur, Jumat (13/9).

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Padang Panjang Ny. dr. Dian Puspita Fadly Amran.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK mengatakan saat ini banyak terjadi penyakit kanker serviks pada wanita.

“Kita sendiri tidak pernah tau apakah kita terserang atau terkena penyakit tersebut, apalagi dampak yang disebabkan sungguh membuat kita takut,” ujar ketua TP PKK.

Gejala awal pada kanker leher rahim tidak sakit atau tidak nampak, tetapi pada tahap lanjut akan mengalami keputihan yang berbau, pendarahan dari liang senggama, pendarahan setelah senggama, nyeri panggul, dan pendarahan pasca menopause.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi terdeteksinya gejala kanker rahim, seperti dari faktor makanan, hubungan seks diwaktu muda, suka bergonta ganti pasangan, kurang menjaga kebersihan kelamin dan masih banyak lagi yang lain.

Dengan adanya sosialisasi inilah diharapkan para wanita mau dalam melakukan iva test, kebanyakan dari wanita beranggapan malu, takut atau alasan apapun, yang terpenting selama itu untuk kebaikan apa salahnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Camat Padang Panjang Timur mengajak ibu-ibu untuk melakukan iva test mengetahui sedari dini apakah ibu-ibu terkena kanker tersebut.

“Apa salahnya mencoba demi kesehatan kita sendiri, toh ini tidak sakit dan tidak membutuhkan waktu lama,” ajaknya.( Rilis)

Back To Top