skip to Main Content
Hadiri Diskusi Bulanan PWI, Dinkes Padang Panjang Paparkan Ragam Inovasi Dan Layanan Unggulan

Hadiri Diskusi Bulanan PWI, Dinkes Padang Panjang Paparkan Ragam Inovasi dan Layanan Unggulan

Padang Panjang – Dalam rangka menyerap informasi dan masukan positif dari seluruh lapisan masyarakat, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang Drs. Nuryanuwar, Apt. MM, M.Kes menghadiri diskusi bulanan yang digagas oleh jajaran Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Padang Panjang, Rabu (11/9).

Dalam diskusi tersebut, Pak Ujang sapaan akrab Kadis Kesehatan Kota Padang Panjang ini menjelaskan tentang berbagai kemajuan dan capaian yang telah diraih oleh Jajaran Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang.Beragam kegiatan dan program inovasi telah diluncurkan untuk memberikan kemudahan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang profesional dan paripurna.

Di antara inovasi baru itu, pertama penyediaan unit layanan kesehatan warga (LKW) di setiap kelurahan. Pada layanan ini, tersedia 1 orang perawat per-unit LKW, dan 4 orang dokter untuk 16 Unit LKW yang ada. Untuk tenaga dokter, sementara ini memang dilayani bergiliran ke-16 Unit LKW tersebut.

Inovasi kedua, layanan kesehatan gerak-cepat, yang diistilahkan dengan PSC-119. Lewat layanan ini, jika ada warga yang sakit butuh bantuan cepat, hubungi telepon/HP PSC-119, dalam waktu singkat akan datang Ambulance serta tenaga medis. Layanan ini juga bisa untuk memanggil mobil Damkar, jika terjadi kebakaran.

Berikut, penyediaan bantuan biaya bagi 1 orang tenaga pendamping terhadap pasien dari keluarga miskin sebesar Rp.40.000/ hari yang dirujuk ke rumah sakit luar daerah. Biaya tersebut untuk  satu orang tenaga pendamping tadi.

Dan apabila rujukannya ke luar propinsi Sumatera Barat maka akan diberikan bantuan biaya transportasi menuju rumah sakit rujukan.

Sementara itu terkait perkembangan 4 unit Puskesmas yang ada di Padang Panjang, Kepala DKK Nuryanuar menyebut, ke-4 nya sudah terakreditasi. Rincian, Puskesmas Gunung terakreditasi utama, Puskesmas Kebunsikolos dan Koto Katik (madya), dan Puskesmas Bukit Surungan (dasar).

Seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kota Padang akan terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik guna mewujudkan masyarakat Kota Padang Panjang yang sehat, cerdas, dan mandiri sejalan program Visi dan Misi Kota Padang Panjang.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Direktur RSUD Padang Panjang dr. Ardoni dan wartawan dari beberapa media. Diskusi berjalan dengan baik dan efektif dengan moderator diskusi adalah Ketua PWI Padang Panjang, Jasriman, SAg. (Humas Dinkes Padang Panjang)

Back To Top